Recent News

Selamat datang kawan di blog personal saya. Semoga anda tidak muntah membaca semua postingannya.

Minggu, 06 Februari 2011

Kenangan Kelam Yang Menyenangkan

Ketika gua lagi dengerin Rocket Rockers pas di album Ras Bebas,Konflik waktu album 4 Sehat 5 Sempurna,dan beberapa hits dari Stupidity,Netral,dan Superman Is Dead,mendadak gua teringat masa-masa waktu SMP dulu. Di mana masa-masa itu adalah masa-masa yang kelam bagi gua. Di palak kakak kelas,boxer gua di betak Marra yang lagi mabok obat,di gebukkin plus di lempar dari truk di depan Bakti Yudha sama anak SMP.PGRI 2,di tatar sama alumni gara-gara ketauan paling belakang waktu tawuran,di ketawain Toro gara-gara waktu dia minta Gear malah gua kasih Stick Nitendo yang pengen gua service. Ah,pokoknya masa-masa itu adalah masa-masa yang kelam.

Tapi,masa-masa kelam itu lah yang membuat gua kadang jadi kangen pengen ngrasainnya lagi. Aneh yah,masa kangen sama masa-masa kelam ? tapi yah itu lah. Gua juga inget waktu di SMP dulu jarang banget yang kenal gua,berbeda waktu gua di SMK,meski di SMK nggak semuanya juga yang kenal sama gua tapi kalau gua perhatiin waktu gua SMP tuh jauh..jauh..jauh..lebih sedikit orang yang kenal sama gua. Maklum,siapa sih Alfian itu,bocah kecil yang celananya straight pants kalau hari jumat ,sepatunya Dallas yang labelnya di cabut supaya nggak malu pake sepatu made in Stasiun Depok Baru, sementara yang lain sudah masuk ke peradaban celana baggy dan sepatu Vans. Rambut gua juga dulu masih belah tengah mirip Aril Peterpan,sementara yang lain sudah mirip Tom Delonge. Walkman gua juga dulu isinya masih Peterpan,Padi,Sheila on 7,yang paling gahar juga Green Day. Tapi yang lain ? sudah ada yang dengerin Rocket Rockers,Street Voice,Kuro,Stupidity,Konflik,Mary Ann,Speak Up,dan beberapa band underground lainnya.

Bahkan gua juga masih inget waktu gua masih duduk di bangku kelas 2 SMP,Si Kate yang dulu hoby banget nambahin ‘Rock’ di belakang namanya,pernah bilang ke gua “Udah mendingan lu dengerin Ungu aja !” sewaktu gua pengen dengerin semua lagu yang ada di walkmannya...... ,hhhmfff gua lupa,pokoknya isi walkmannya itu adalah kaset kompilasi Berpacu Dalam Melodic. Sampe pada akhirnya gua bela-belain nyari tau apa itu Melodic dan Underground.

Di SMP gua dulu yang bukan anak Melodic atau Underground niscaya jarang di kenal orang atau yang paling parahnya nggak masuk dalam kategori orang famous and cool. Jijik juga sih dengernya,tapi waktu dulu Famous itu banyak di cari oleh orang,termasuk gua,meski kadang ada yang malu mengakui dirinya ingin famous dan ada juga yang blak-blakkan.

Hampir semua cowok waktu gua SMP dulu hoby nonton konser musik underground di Balai Rakyat Depok 2 atau nggak di tempat-tempat lain di Jakarta. Bawa-bawa pamflet acara ke sekolah,entahlah buat apa tujuannya,supata di bilang famous dan cool ? mungkin. Nyoret tembok dengan nama plus tambahan kata yang nyolong dari setiap nama personilnya SID.

Gua jarang banyak yang kenal karna selain tampilan gua kurang memenuhi syarat zaman dulu untuk menjadi anak gaul. Gua juga gak hoby ikut tawuran. Nah,anak cowok yang sering ikut tawuran dan menyandang kata jagoan di SMP gua dulu tuh banyak di kenal,apalagi di kalangan cewe-cewe.

Gua jarang ikut tawuran bukan karna gua malu atau males. Tawuran sih menurut gua seru juga : lari-lari di kejar lawan pake samurai,gear,kopel,dan batu,di kejar jakam,polisi,di tangkep guru,pokoknya serulah. Tapi,kadang gua mikir udah cape-cape,babak belur tawuran ngbawa nama sekolah tapi kalau ketauan sama sekolah malah di marahin atau nggak di keluarin,padahalkan niat kita membela nama sekolah. Yah tapi gitulah,mau di bagaimanakan juga tawuran itu salah di mata sekolah.

Ngomong-ngomong tawuran. Gua jadi inget waktu dulu SMP gua ribut sama SMP.Pelita 2 di Perumnas Depok Dalem. Karna gua gak pernah bawa barang yang namanya Gear ataupun benda-benda yang di iket pake sabuk buat di puter-puterin,senjata gua Cuma satu yaitu batu. Jadi waktu itu,anak Peltwo (singkatan dari Pelita 2) Cuma ada kurang lebih delapan orang sedangkan anak-anak gua ada kurang lebih dua angkatan,kelas dua dan tiga (gua masih kelas dua waktu itu). Karna anak-anak kita banyak. maka di pecahlah menjadi dua bagian,satu kelas dua dan satunya lagi kelas tiga. Kelas dua maju duluan dan kelas tiga ngpress Peltwo dari arah sebaliknya. Posisinya seperti berikut Kelas dua – Peltwo – Kelas tiga. Karna gua jarang mengikuti pelatihan tawuran,gua dengan santainya main batu,padahal kalau kata alumni dan senior yang lain,kalau lagi ngpress jangan ada yang main batu nanti kena temen sendiri. kantong depan tas gua terisi penuh dengan batu yang beraneka jenis. Satu persatu batu gua lempar secara membabi buta. Anak Peltwo yang Cuma delapan orang itu berhasil kabur lari ngibrit di amuk puluhan orang dari dua sisi yang berbeda.

Begitu selesai,mendadak Toke (abang kelas gua,kelas tiga) teriak-teriak sambil megangin bibirnya. Katanya dia kena timpuk sama anak Peltwo. Tapi,setau gua anak Peltwo nggak ada yang main batu,semuanya pada main gear dan bambu. Gua baru inget yang main batu kan Cuma gua. Karna gua takut ketauan dan gua kena tampol sama Toke plus di omelin sama kakak kelas gua yang lainnya. Gua diem aja. Sampe sekarang juga Toke dan semua orang yang ikut tawuran saat itu masih nyangkanya anak Peltwo yang nimpuk Toke pake batu. Padahalmah yang nimpuk dan bikin bibirnya Toke berdarah dan jeding tuh gua. Gua berharap,nggak ada satu pun dari orang-orang itu yang buka blog gua dan baca postingan yang ini,amin.

Di SMP dulu duit jajan gua juga sering habis. Bukan gua boros tapi itu duit terpaksa gua sumbangkan buat para alumni ataupun kakak kelas yang nggak jajan (baca : di palak). Hampir setiap hari ada aja yang datang ke kelas gua buat minta duit. Serupa dengan iuran kelas tapi yang minta kali ini kacung kakak kelas bukan bendahara kelas ataupun seksi-seksi yang ada dalam struktur organisasi kelas. Barang siapa yang nggak ngasih,pasti bakalan di bawa ke kantin atau nggak di gampar sekali di kelasnya,tentunya tanpa sepengetahuan guru-guru.

Karna waktu gua kelas dua,gua termasuk sering ikut nongkrong dan tawuran. Gua jadi kenal sama kakak kelas. Kenal sama kakak kelas bukanlah hal terindah seperti kita berkenalan dengan Luna Maya (yaiyalah). Kenal sama kakak kelas itu adalah petaka buat gua. Gua jadi sering di jadiin jongos buat minta iuaran haram ini,meski tidak sesering si Fiky dan si Sulistyo (keduanya adalah temen gua waktu kelas 2 SMP),tapi tetep aja gua paling males kalau di suruh buat hal beginian. Terlebih lagi gua gak tegaan. Setiap kali gua mintain duit ketemen gua,kalau temen gua bilang “yah fi,duit gua pas buat ongkos doang”,gua Cuma bisa “oh yaudah.ntar kalau di pinta si Sulis atau Fiky bilang aja lu udah sama gua yah!”. Beh,kalau yang mintanya bukan gua pasti temen gua itu udah di telanjangin,di periksa setiap sudut tubuhnya hingga tas-tasnya,kalau ketauan nyimpen duit,pasti kena tangan sekali.

Di SMP urusan asmara gua juga mandek. Mandek yah karna itu tadi,gua bukan orang famous dan cool. Sebetulnya ada beberapa nama yang dulu gua idam-idamkan buat di jadiin pacar ataupun pacar sejam (walah..walah..). tapi yah gitu,semua cewe nggak ada yang menolehkan pandangannya buat gua meski sedetik aja. Pokoknya posisi gua di SMP bener-bener ngblur gak keliat sama sekali.

Terlebih lagi,dulu gua mainnya bukan sama mereka-mereka yang famous dan cool,yang hoby tawuran,pake celana baggy,rambut model Tom Delonge,nonton gigs,dan bisa bawa motor (gua baru bisa naik motor pas kelas satu SMU). Gua main sama temen-temen yang sederajat sama gua. Dalam artian gak hobby tawuran. Begitu naik ke kelas tiga,gua baru mulai sering gabung sama anak-anak yang hobynya tawuran,pake celana baggy,rambut model Tom Delonge,dan nonton gigs. Tapi tetep aja,gua masih samar dan ngblur di mata orang-orang,khususnya wanita-wanita.

Sampe pernah ada yang nggak nyangka gua kakak kelasnya waktu di SMP dulu. Cewek gua yang sekarang juga,gua yakin dia gak tau sama sekali kalau gua dulu tuh kakak kelasnya. Tapi nggak apa-apa lah. Lagi pula,semenjak kelas tiga gua juga udah gak begitu kepengen banget dapet gelar Famous ataupun cool. Dan sekarang gua malah jadi jijik dengan term famous dan cool,Syukurlah.

Waktu kelas tiga ada satu momen yang masih gua inget sampe sekarang yaitu di mana gua hampir mau di gulung satu angkatan. Jadi,waktu itu temen gua si Fauzan minta temenin buat ngbetak sepatu anak kelas dua,Putra namanya. Setelah melewati obrolan yang panjang dan berlika-liku dengan Putra. Kita bertiga pun ke kamar mandi untuk menukar sepatu buluknya Fauzan dengan sepatu vansnya Putra. Gua di situ Cuma nemenin dan diem aja. Sementara Fauzan masih tetap bersih keras untuk meminta paksa sepatunya Putra. Karna merasa sepatunya terancam,si Putra yang kebetulan bobot tubuhnya lebih besar dari Fauzan dan gua,mukul Fauzan. Setelah mukul,Putra langsung lari. Begitu dia balik. Langsung di hajar ulang si Fauzan. Kebetulan juga David dan Bongkeng,yang tak lain adalah pasang emas karna selalu berdua,dateng ke kamar mandi. Niatnya,si Putra mau kita gulung berempat. Tapi,tidak di sangka,bapaknya Putra yang seorang polisi yang kebetulan juga sering jaga di SMP gua,datang dan langsung nggamparin Fauzan. Karna panik ada polisi yang datang. Gua,David,dan Bongkeng mencoba untuk menyelamatkan diri. Tapi sialnya,jalan keluar dari kamar mandi sudah di kepung puluhan adik kelas gua yang juga satu angkatan sama Putra. Mereka semua sudah siap dengan berbagai macam senjata mulai dari gesper,sapu,hingga penggaris. Sebagian dari mereka juga sudah pasang tampang geram. Fikir gua,kita bakalan habis di amuk masa kelas dua tapi ternyata tidak. Kita berhasil keluar dari kerumunan tanpa satu pun dari kita yang tersentuh senjata yang di bawa oleh mereka.

Lolos dari kerumunan adik kelas yang geram bukan berarti lolos dari jerat hukum sekolah. Gua dan Fauzan di bawa ke kantor. Sementara David dan Bongkeng,sang pasangan emas,tidak. Di kantor kepala sekolah,kita habis di sidang. Gua masih ringan dan di anggap saksi. Sedangkan Fauzan,kesian dia,dia di jatuhi sangsi yang berat. Pada akhirnya,Fauzan di keluarkan dari sekolah. Dan sekarang dia menjadi Street punk yang kuat sekali berkelana sambil mabuk.

Oh yah,kalau inget sama Fauzan yang sekarang gua jadi lucu. Perubahan yang sangat mencolok terjadi pada dirinya pasca kejadian naas itu. Di mana dulunya dia adalah seorang yang sangat fashionable dan kemudian berevolusi menjadi Punker yang kupingnya di penuhi anting piercing dan kalau nggak mabuk namanya bukan punk.

Rasanya kalau ngbahas masa-masa kelam gua di SMP dulu,gak bakal ada habisnya. Meski dulu gua sekolah merasa mendapat tekanan dari kakak kelas dan para alumni yang minta duit jajan. Tapi di SMP itulah awal dari proses panjang diri gua yang sekarang. Gua sangat berterima kasih untuk temen-temen gua di SMP dulu. Karna mereka,gua bisa merasakan semua ini. karna mereka juga,gua sekarang jadi cowo paling ganteng. Dan karna mereka jua lah,sekarang gua bisa naik motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar