Recent News

Selamat datang kawan di blog personal saya. Semoga anda tidak muntah membaca semua postingannya.

Selasa, 28 Desember 2010

Suka Duka Pramuniaga : Di Mana Toko Ku ?

Yeah,setelah menganggur dua bulan,akhirnya gua kembali memasuki dunia kerja yang nampaknya (masih) membosankan. Tapi,mau di gimanain lagi,subsidi dari orang tua sudah gak gua terima lagi sedangkan gua gak punya cukup keahlian untuk mendapatkan penghasilan sendiri. Gawean gua sekarang masih sama dengan gawean gua pada beberapa bulan yang lalu,gua masih menjadi pramuniaga. Maklum,lulusan SMU coy,bisa apa di jaman sekarang,mentok yah jadi spg kayak gua ini. kali ini gua akan bekerja di salah satu toko buku yang lumayan berumur juga,kalau gak salah ini toko udah ada sejak tahun 1953. Ayo,tebak toko apa itu ?.

Dan tepat pada hari ini (14 Desember 2010),gua mulai bekerja sebagai pegawai di sana,tapi status gua masih training. Seragam gua juga masih hitam putih. Gua gak sabar nih pengen cepet-cepet kerja. Gak sabar pengen tau situasi kayak apa yang bakal gua hadapi nanti : menjengkelkan kah ? atau menyenangkan ?,kita lihat saja nanti.

Hari ini gua sengaja gak bawa motor. Bukan sengaja sih. Tapi,gak punya. Gua gak punya motor sekarang dan itu mengharuskan gua berangkat dengan kendaraan umum. Gua udah bisa membayangi gimana situasi di kopaja nanti. sekarang gua masih di angkot dan situasinya masih biasa-biasa aja. Tapi,situasi di kopaja sama di angkot tuh bakalan jauh berbeda. Hal yang paling memilukan kalau naik angkot tuh Cuma kalau lagi penuh. Nah,kalau udah penuh gitu biasanya terjadilah yang biasa di namakan dengan battle of dengkul. Apa itu battle of dengkul ? coba kalian search di om google. Tapi,kalau di kopaja itu lebih parah lagi. Lebih parah dari battle of dengkulnya angkot. Di kopaja,kalau penuh kita harus berdiri dengan tangan menggantung pada sebatang tiang dan itu memberikan kebebasan penuh pada ketiak orang yang berdiri untuk menunjukkan kebolehannya,gak jarang gua menghirup udara anyep saat berdiri. Belum lagi kalau ada penumpang ibu-ibu yang bawa anaknya.

Pernah satu ketika,waktu gua masih gawe di Plaza Senayan,ada gerombolan ibu-ibu dengan membawa anak-anaknnya. Suasana kala itu lagi penuh dan padet. Sedangkan ibu-ibu itu berada di pojok belakang sebelah kanan kopaja dan hanya mengandalkan satu jendela sebagai ventilasinya. Suasana di dalem kopaja yang sumpek bertambah menjadi sumpek dengan hadirnya suara tangis dari bayi dan balita yang di bawa gerombolan ibu-ibu tadi. Sumpah,pala gua pengen pecah kala itu. Satu yang harus gua syukuri,gua mendapatkan duduk. Coba kalian bayangkan,kalian sekarang berada di kopaja yang penuh,padet di siang hari,kemudian di dalem sana ada gerombolan tante-tante yang membawa anak balitanya yang terus menerus menangis,apa yang akan kalian lakukan ?

Balik lagi ke siatuasi sekarang. Jam di tangan gua udah menunjukan pukul 8.00,sedangkan kata orang kantornya gua harus sudah sampai di toko jam 8.30,artinya masih ada waktu 30 menit lagi. Sialnya,gua kejebak di kerumunan kendaraan yang membuat jalan jadi statis atau katakanlah macet total. Gua mulai pesimis bisa sampe toko tepat sebelum jam 8.30. sedangkan posisi gua masih di daerah T.B. Simatupang dan tempat kerja gua itu berada di PIM. Akankah gua bisa sampai di sana tepat pada waktunya ??? gua rasa tidak.

Jam tangan gua terus berputar. Tak terasa waktu semakin sempit dan mendekati pukul 8.30. sedangkan gua baru mau naik kopaja 102 jurusan tanah abang yang melintas di depan PIM. Cemas,menghinggapi angan-angan gua. Muka gua pucat pasi,seperti orang yang lagi nahan kentut. Terlintas dalam benak gua “masa baru masuk,udah terlambat aja sih ?”.

Begitu sesampainya di PIM. Jarum jam tangan gua udah menunjukan pukul 8.35. artinya gua udah telat lima menit. Sialnya lagi,gua gak tau letak toko tersebut. jangankan letak tokonya. Letak pintu masuk PIMnya aja gua gak tau. Kali ini adalah pertama kalinya gua menginjakkan kaki di PIM,terdengar norak dan gak gaul banget yah gua (kalau kalian mau ketawain gua juga gpp kok,woles aje). Hal yang pertama gua lakukan ada celingak-celinguk seperti burung hantu. Asli,gua bingung banget. alangkah,baiknya gua bertanya.

“Pak,mau tanya,TGA di mana ?” tanya gua pada seorang satpam yang lagi asyik duduk-duduk sambil megangin pentungannya.

“dari sini naik dua kali lagi,terus belok ke kiri” jawabnya dengan sedikit tegas nan (sok berlaga) wibawa.

“makasih pak”

Merujuk pada arahan sang bapak satpam. Gua pun lekas menuju tangga berjalan. Gila,ternyata PIM itu luas banget yah. Gua sampe takut nyasar di sini. Gua percepat langkah karna waktu semakin terulur.

Udah jalan cukup jauh tapi gak belum ketemu juga. Katanya naik dua tangga lagi belok kiri udah sampe,mana ? gua rasa gua kena di kibulin nih. Gua pun kembali bertanya pada seorang CS (Cleaning Service) yang lagi asyik membersihkan lantai dengan peralatan doraemonnya.
“mas,maaf. mau tanya. TGA ada di mana yah ?”

“wah TGA mah ada di PIM 1 mas” jawabnya.

“emang ini PIM berapa ?” tanya gua balik.

“ini PIM 2 mas. Kalau mau ke TGA turun satu tangga terus belok kanan. Wendy’s,sananya lagi. Deket Ace Hardware.” Jelasnya sambil sesekali menggerakan alat doraemonnya itu ke depan dan ke belakang.

“Oke mas,makasih yah”

Sial. Ternyata dari tadi gua nyari TGA di PIM 2,jelas aja nggak ketemu. Maaf kan saya pak satpam telah menuduh anda mengerjai saya,ternyata saya yang salah.

Setelah muter-muter di dalem mall pagi-pagi buta. Akhirnya toko itu ketemu juga. Posisinya nyempil banget. mojok,udah kayak tai curut (Cuma bedanya nggak bau aja). Alhasil,gua berhasil menemukan toko itu dengan susah payah. Kayaknya gua patut dapet nobel deh atas perjuangan gua menuju toko di hari pertama gua kerja ini.


Catatan : sebelum kalian pergi ke PIM usahakan terlebih dahulu beli peta di toko buku terdekat di kota anda agar anda tidak mudah tersesat. Karna ini jungle bukan mall.

Suka duka pramuniaga : Belum cair,masih beku!

Setelah ketemu tokonya. Gua langsung masuk. Benerkan tuh,gua telat. “dari mana aja kamu jam segini baru datang ?” tanya seorang staff dengan nada sinis. “saya nyasar pak!” jawab gua dengan nada sebaliknya,memelas. “nyasar ?” dia sedikit ragu dan heran. “iya,pak saya baru pertama kali ke sini!” jawab gua polos dan nyengir kucing.

Gua pun langsung absen di komputer. Asli,ini bapak tampangnya kecut banget. gua tau gua telat di hari pertama ini. tapi,gak gitu juga kali. Senyum dikit kali. Sok galak banget lu. Tuh,kan jadi marah-marah sendiri gua.

Di hari pertama ini,gua gak sendiri. Ada Irawan –anak training juga sama kaya gua-,dia mah niat banget kerja,terbukti setelah gua tanya “wan,dateng jam berapa lu ?” ,”saya dateng jam 8 kurang” jawabnya kalem.

Irawan emang orangnya kalem. Kalem apa di kalem-kalemin,gak tau deh. Tapi,gua kurang suka tipe orang kaya gini. Gak bisa di ajak bercanda. Dia terlalu serius. Sekali bercanda asli garing banget.

Udah jam 9.00,tapi kok masih pada santay yeh. Sial,toko buka jam 10.00,ternyata. dan setiap karyawan wajib dateng jam 8.30. buat apaan coba,kenapa gak di suruh dateng jam 9.00 pas aje. Untuk mengisi kekosongan jam ini. gua coba ambil lap dan membersihkan buku-buku.

Sebetulnya prioritas gua bukan terletak pada bersih-bersih bukunya sih melainkan membaca buku. Sambil menyelam minum kolak,gitu lah maksudnya.

Gua baca beberapa buku. Gua akui di sini adalah toko buku tertua dan tak terlengkap. Padahal di TGA Margo Depok,buku-bukunya lengkap-lengkap. Gua aja gak nemuin bukunya Zainul Ridwan,J.K Rawling dengan serial Harry Potternya juga gak ada di sini. Bener-bener toko buku yang payah. Untuk hari pertama gua cukup membaca bukunya Santos bla bla blaa apa gitu,pokoknya yang ngbahas atlantis itu Indonesia. Lumayan gua berhasil baca buku mahal. Jangan salah woy,ini buku mahal gila,tebel pula lagi.

“brifing..brifing...!!!” teriak salah satu pramuniaga.
Itu tandanya. Brifing pagi akan di mulai. Gua tutup buku. Dan langsung menuju ke depan. Sampenya di depan,udah berjajar ribuan pramuniagawan dan pramuniagawati. Pasti kalian gak percayakan ? yaiyalah,jangan di percaya,Cuma ada beberapa pegawai toko aja pagi ini.

Suasan hening.

Hanya beberapa yang cekikikan kayak kunti,itu berasal dari seorang ibu tua berjilbab. Nampaknya doi lagi asyik bersenda gurau dengan kerabat di sampingnya. Di tengah-tengah gua menikmati kecekikikan ria itu ibu tua. Mendadak,maju lah bapak-bapak yang mukanya kecut bin ogah senyum yang tadi pagi ngeintrogasi gua.

“selamat pagi” bapak kecut itu menyapa seluruh karyawan.

“PAGIIII PAK !!!” jawab serentak seluruh pramuniaga.

Gua terkejut melihat bapak yang satu ini. doi kelemer-kelemer banget. gak ada potongan seorang boss,maho style pisan. Satu lagi yang buat gua ketawa. Setelah gua perhatikan masak-masak. Doi mirip sama adenya temen gua,si Inyo. Yah doi mirip banget sama adenya Inyo,si Jafar itu. Dari gelagat-gelagat nya yang feminim,menunjukan kalau dia sama si Jafar itu satu sel telur deh. Udah gitu dirinya cemen,gak tegak,gak pernah ikut pramuka atau paskibra nih waktu sekolahnya,pasti waktu di sekolah dia milih ekskul tata boga,jadinya yah gini.menye!!!

Setelah bapak kecut itu berpidato dengan lemah gemulainya. Opps,ternyata bapak kecut ini punya nama,namanya Aris. Oke,pak Aris menyuruh kita (anak baru,gua dan Irawan) untuk memperkenalkan diri ke depan. Merasa gua sudah pernah di tonton lebih banyak orang dan lima puluh kali lipat banyaknya di banding orang-orang di depan gua ini. gua pun langsung maju dan memperkenalkan diri gua tanpa ragu. Giliran gua selesai. Kini waktunya Irawan. Irawan,satu spesies nih sama pak Aris,lemah gemulai gitu. Gua mah geregetan.

Brifingpun selesai.

Orang-orang di sini masih pada asem-asem banget. gak ada yang ajak gua ngobrol. Sekalinya gua ajak ngobrol yah pada begitu jawabnya,mau mau nggak nggak. Beda sama tempat gawean gua sewaktu di Metro. Biar kata baru ketemu. Tapi semuanya cepet banget cairnya. Gua gak boleh berfikiran buruk dulu. Inikan hari pertama kerja gua. Mungkin,proses adaptasi belum berjalan mulus. Oke,gua harus bersabar menunggu bongkahan es mencari.

Karna ini hari pertama. Gua masih bingung apa yang mesti gua lakukan. Kerjaan gua pun masih berkutat pada display dan (pura-pura) bersih-bersih. Dan sesekali juga gua baca beberapa buku yang tadi belum gua selesaikan. Sempet gak enak juga sih. Di saat semua pramuniaga yang lain pada sibuk kerja,gua malah baca buku. Tapi mau di gimanain lagi,gua bingung apa yang harus gua lakukan,costumer juga sepi,jadi ini lah kerjaan gua untuk sementara waktu.


Suka duka pramuniaga : Istirahat di WC,itu mengasyikan loh !!!

Baru tadi pagi gua sarapan tapi perut udah laper aja lagi. Karna udah ngerasa gak tahan dengan perut gua yang kian memburuk dan juga demi rasa solidaritas gua terhadap semua cacing-cacing yang ada di perut gua yang dari tadi udah berunjuk rasa. Gua pun memutuskan untuk bertanya pada salah satu orang yang ada di toko itu “bang,udah boleh makan belum sih ?” ,”udah,makan gi sana!” jawabnya.

Oke,karna waktu makan sudah tiba. Gua pun langsung menuju ruang office untuk makan. Dari kejauhan terdengar suara “sssttt,mau makan ?” suara itu datang dari mulutnya Irawan. Sejak kapan gua ganti nama jadi ssstttt ? aneh nih bocah. “ayo makan!” jawab gua.

Kita pun berdua makan di office. Di sana sudah bertumpuk box berisi lauk pauk yang siap menumpas rasa lapar kita ini. gua makan dengan lahap. Tanpa terasa gua mencapai garis finish lebih dulu dari si Irawan. Mungkin dia kaget,ngeliat bocah kecil yang makannya cepet kayak gua ini. tapi,gua emang gini. Gak suka kalau makan di lama-lamain.

Makan pun selesai. Dan kita di tuntut untuk segera memulai kembali pekerjaan. Di sini emang gak ada istirahatnya. Jadi yah gitu,selesai makan yah langsung kerja lagi. Tapi gua gak kehabisan akal. Gila lu,abis makan langsung berdiri. Bisa keram nih lambung. Gua mencari akal untuk bisa beristirahat. Dan akhirnya gua memutuskan beristirahat di suatu tempat yang tak lazim. Di mana setiap orang yang datang ke sana selalu menyumbangkan sebagian isi perutnya untuk kelangsungan hidupnya kelak,seperti amal gitulah. Tempat itu adalah WC atau kalau di sini lebih di kenal dengan nama restroom.

WC di sini bersih euy beda sama kayak di St.Depok Baru (yaiyalah beda). Kloset bersih. Gua pun lekas berdiam diri dan duduk di atas kloset. Gua set stopwatch di jangan tangan dan gua targetin,selama 20 menit gua mendekam di sini. Selama waktu dekamain tersebut hal yang hanya gua lakukan hanyalah sms-an dengan pacar gua yang hobi ngambek.

Gua tau gak lazim beristirahat di WC lama-lama. karna itu bisa mengakibatkan gua di kira hanyut di dalem kloset atau bahkan di kira kena ayan dan pingsan dengan wajah menghadap ke dalem kloset. Tapi mau di apain lagi,abisnya gak ada istrahatnya banget. jadilah gua memilih tempat ini sebagai pengistirahatan gua sejenak.

Coba aja di sini ada bantalnya (ngaco itu mah di WC ada bantal),udah tidur kali gua. Gak kerasa waktu di stopwatch gua udah mau ke menit 20. Gua harus siap kembali bekerja nih. Belum genap 20 menit,pintu WC gua tiba-tiba berbunyi “tok..tok..tok” gua pun mencoba mencari tau siapa itu dan apa maksudnya mengganggu ketenangan gua bersemedi di sini. Karna gua orangnya murah senyum dan baik hati,gua pun keluar. Nampak seorang pemuda dengan seragam khasnya berdiri di depan pintu WC gua. Kayaknya di mau ngcek nih,kenapa gua lama banget mendekam di WC. Atau jangan-jangan di sudah mulai mencurigai gua ? entahlah. Sebelum keluar wc,gua ngaca dulu sedikit,biar kelihatannya gimana gitu. Gua cuci muka,supaya lebih terlihat fresh.

Sesampainya di toko,para pramuniaga di sana melihat gua dengan tatapan sinis dan penuh tanda tanya. Gua coba melihat ke arah celana gua. Gua takutnya celana gua bolong,tapi nggak ah. guapun mengcheck baju gua,siapa tau aja kancing gua ada yang copot dan membuat mereka menjadi nafsu melihat gua,ternyata nggak juga. Terus apa dong? Alah,mungkin persaan gua aja.
30 menit berlalu. Dan gua baru sadar sesuatu yang ganjil terjadi pada gua. Gua lupa seletingin celana. Dan ironisnya boxer gua bergambar The Shimpson. Gua tau,kenapa mereka nglihat gua bagaikan mereka melihat Julia Perez dengan bikini sexynya. Sialan. Gua malu. Tapi itu sudah terjadi dan biarkan lah gua ketawa sendiri kaya orang kaya,maksudnya kaya orang gila.
Ritual aneh gua ini pun akhirnya bertahan selama tiga hari di minggu pertama gua kerja sebagai pramuniaga.

1 komentar:

  1. hahahahahahahh pay ... pay ... good luck for you BOY !!! wlcome home son .

    BalasHapus