Recent News

Selamat datang kawan di blog personal saya. Semoga anda tidak muntah membaca semua postingannya.

Senin, 07 November 2011

Perlunya Belajar Ikhlas #2

Cinta itu adalah hak siapa saja. Lu, gua, mereka, dan kita berhak mencinta. Termasuk mereka yang sudah memiliki pasangan, berhak mencintai orang lain selain pasangan mereka. Kita tidak bisa memaksakan seseorang atau pasangan kita untuk tidak bisa mencintai orang lain. Apalagi jika pasangan kita itu merasa sedikit (atau banyak) lebih nyaman dengan orang baru tersebut. Karna kita tidak bisa memaksakan kehendak untuk menjadi pemilik tunggal atas diri pasangan kita tersebut, termasuk sebaliknya.

Namun kadangkala, setiap pasangan suka tidak berlaku jujur untuk mengungkapkan isi hatinya tersebut. Bahwa ia mencintai seseorang selain kita. Dan terus menerus berpura-pura bahwa ia masih mencintai diri kita, yang sebetulnya rasa itu bercabang.

Sebetulnya yang diperlukan jika tengah berada dalam situasi seperti ini adalah berkata jujur. Kita pun tidak perlu marah ataupun berlaku kasar apabila pasangan kita sudah berkata jujur. Yang perlu kita lakukan adalah intropeksi diri, mencari sebab musababnya. Dan kemudian membiarkan pasangan kita memilih jalan yang terbaik untuk dirinya.

Karna, sekali lagi, apabila kita marah dan tetap mempertahankan hubungan tersebut semuanya akan lari kedalam jurang. Dan pada akhirnya akan membuat diri kita yang melompat dengan sendirinya kedalam jurang tersebut.

Andaipun, saat kita marah besar ketika pasangan kita berkata jujur bahwa ia mencintai seseorang selain kita. Dan memaksa dia untuk menjauhkan seseorang baru tersebut. Itu malah akan membuat ia bermain dibelakang kita. Jika sudah begitu, seperti apa yang gua katakan pada paragraf diatas, "Dan pada akhirnya akan membuat diri kita yang melompat dengan sendirinya kedalam jurang tersebut"

Maka dari itu, biarkanlah pasangan anda mencintai orang lain. Berintrospeksilah, mencari titik kenapa pasangan kita bisa berbuat seperti itu. Supaya kelak, kita tidak mengulang kejadian yang sama dengan pasangan baru kita nanti.

Kita harus ikhlas menerima setiap kenyataan yang ada didepan mata kita. Benar kata orang, menerima kenyataan itu memang pahit. Tapi itulah kenyataan, tidak bisa dihindari dan harus dilewati.

Atau tidak, kita perlu memberlakukan yang namanya sistem Poliamor. Sistem ini adalah sistem dimana kedua pasangan saling berkomitmen untuk tidak saling membatasi hak mencintai. Si cowok berhak punyak cewe selain pasangannya dan begitupun sebaliknya. Sistem berpacaran seperti itu menjauhkan kita dari yang namanya sakit hati ditengah jalan. Namun, sulit untuk kita yang biasa menggunakan sistem pacaran konvensional, artinya sistem yang tidak membatasi hak seseorang untuk mencintai lebih dari satu pasangan, seperti yang banyak dianut oleh gaya pacaran dikebanyakan masyarakat luas.

Belajar ikhlas itu perlu :D

NB: semua ini masih dalam konteks berpacaran yah. Bukan yang menikah. Karna gua belum menikah dan tidak bisa berkomentar soal itu :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar