Recent News

Selamat datang kawan di blog personal saya. Semoga anda tidak muntah membaca semua postingannya.

Jumat, 08 Juli 2011

They Are The Greatest For Me

Berikut adalah figur-figur yang gua gemari. Cukup berpengaruhlah dihidup gua atau kalimat sederhananya adalah mereka telah memberi inspirasi di hidup gua. Memang tidak semua aspek di kehidupan gua terinspirasi oleh figur-figur dibawah ini. Kata lainnya, gua kagum dengan figur-figur dibawah ini. Meski begitu, gua tidak memaksakan diri untuk menjadi seperti mereka,tidak. Karna sudah jelas, mereka yah mereka, gua yah tetap gua.

1. Jello Biafra

Pria ini sebetulnya bernama Eric Reed Boucher. Jello Biafra adalah nama panggung bersama bandnya,Dead Kennedys. Nama Jello Biafra sendiri adalah penggabungan Jell-o dan Biafra (Sebuah nama negara yang mencoba memisahkan diri dengan Nigeria pada tahun 1966).

Yang membuat gua jatuh hati pada pria ini adalah, pertama, aksi perform dia sewaktu manggung bersama Dead Kennedys. Mimik wajah yang lucu, gerak tubuh yang tak bisa diam, dan didukung oleh aksi-aksi yang membuat kalian berpikir kalau dia sudah gila.

Kedua, pria ini adalah seorang Song Writter untuk bandnya. Dan lirik-lirik yang ia tulis bukanlah lirik-lirik yang "kacangan". Bermuatan politikal namun kadang dikemas secara humor,styr,dan sarkastik. Pria ini adalah seorang anarkis. Gua memang selalu tertarik dengan seseorang yang pandai dalam menulis.

Ketiga, pria ini pun memberi kontribusi pada scene punk dengan mendirikan sebuah label bernama Alternative Tentacles. Salah satu poin kenapa gua menyukai pria ini adalah alasan ketiga gua ini. Gua memang suka dengan scenester yang aktif dalam berbagai hal dan tidak hanya ngband.

Namun kiprahnya bersama Dead Kennedys harus kandas. Pria ini pun meneruskan dirinya sebagai seorang kritikus terpandang akan kebijakan-kebijakan politik Amerika, dia melakukan kuliah-kuliah politik di berbagai tempat baik sesudah maupun selama dia masih bersama Dead Kennedys.

2. Zack De La Rocha

Yo! Siapa yang tak kenal dengan pria ini. Zacarías Manuel aka Zack De La Rocha seorang rapper,musikus,penyair,yang merangkap pula menjadi seorang aktivis. Pria kelahiran California, 12 Januari 1970 silam ini tercatat sebagai vokalis dari sebuah grup Rage Against The Machine.

Kenapa gua bisa menggemari dia ? Karna kegilaannya akan serangan-serangannya melalui setiap lirik yang ia tulis dan nyanyikan dimana lirik itu bermuatan kritik sosial politik. Pria ini pun sering sekali menyuarakan protes-protes terhadap berbagai macam ketidakadilan sosial, seperti yang menimpa suku Chiapas di Mexico dan penetapan hukuman mati bagi Mumia Abu Jamal, kebrutalan polisi Los Angeles, hingga pada sistem demokrasi di Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di dunia yang mereka anggap hanya berpihak pada sisi penguasa saja. Tidak hanya lewat musik, Pria ini juga melakukan berbagai aksi protes dan benar-benar melakukan apa yang ia yakini, apa yang ia nyanyikan dalam lagu-lagunya.

Pria ini pun seringkali memimpin berbagai macam protes dan demonstrasi khususnya terhadap pemerintahan Amerika Serikat yang mereka anggap telah menggunakan perang sebagai alat untuk menghancurkan setiap bagian di dunia agar mereka dapat terus berperan sebagai negara super power.

Tidak hanya itu, pembawaan pria ini sewaktu tampil bersama bandnya dalam sebuah acara jugalah yang membuat gua jatuh hati dengannya. Pembawaan vokalnya yang terasa sangat penuh diwarnai dengan rasa amarah.

Serupa dengan Jello Biafra yang keluar dari Dead Kennedy. Pria ini keluar dari RATM setelah meluncurkan album terbaru RATM "Renegades" pada akhir 2000-an. Pria memutuskan keluar karna memiliki perbedaan dalam memandang idealisme kreatifitas seni mereka.

3. Ian Mackey

Apa yang mesti gua katakan lagi tentang pria yang satu ini. Nampaknya semua orang yang bergelut didalam scene hc/punk (bahkan diluar scene itu) pasti sudah familiar dengannya.

Gua memang selalu tertarik kepada tokoh-tokoh yang aktif dalam scene hc/punk dan tidak sekedar bermusik sebagus-bagusnya saja. Seperti halnya pria yang satu ini, Musisi,penulis lagu,pendiri records label,dan produser.

Pria ini adalah sosok yang cukup menjadi panutan untuk scene hc/punk pada khususnya. Karna pemikiran-pemikirannya. Ia pula yang mengenalkan etos Straight Edge kepada mereka-mereka yang sekarang absen dari mengkonsumsi rokok,minuman beralkohol,drugs dan free sex.

Mengetahui pria ini, bohong rasanya jika kita tidak mengetahui The Slinkees,The Teen Idles,Minor Threat,Fugazi,The Evens,Embrace,dan Dischord Records. Benar-benar pria yang aktif.

Dan yang membuat gua menyukai pria ini adalah praktek-praktek seperti menjaga harga masuk rendah (dalam $ 5 - kisaran $ 10) dan memungkinkan penggemar dari segala usia untuk menghadiri pertunjukan.

4. Kurt Cobain

Kurt Donald Cobain atau yang lebih akrab di sapa Kurt Cobain adalah penyanyi, penulis lagu dan gitaris dalam band grunge dari Seattle, Nirvana. Salah satu sosok yang cukup inspiratif bagi gua. Beranjak dari keluarga Broken Home lalu kemudian menjadi pribadi yang suka menyendiri hingga berevolusi menjadi pribadi pembangkang yang dikenal secara Internasional. Meski ia memiliki potensi yang cukup dalam bidang musik namun sifatnya yang pendiam dan sulit berkomunikasi sempat membuat ia sulit untuk menemukan patner bandnnya. Namun semua itu bertepi saat ia berkenalan dengan Cris Novoselic dan Dave Grohl untuk kemudian membuat sebuah grup musik yang sekarang ini sama-sama kita kenal dengan nama Nirvana.

Pria yang satu ini benar-benar membuat gua bergecak kagum dengan semua ke-idealisan dirinya. Bayangkan saja, hanya karna idealisme aliran, gaya, lirik dan isi lagu-lagunya menggemparkan dunia sampai Kurt merasa depresi karena ketenaran dan popularitasnya begitu mendadak terutama ditahun 1990 an hingga berakhir tragis dengan kematiannya yang masih menjadi misteri sampai saat ini. Memang terdengar aneh,terkenal dan menjadi populer kok malah depresi ? tapi itulah Kurt Cobain, rockstar yang tidak mau disebut rockstar. Semuanya itu benar-benar membuat gua gila akan dirinya.

"I just can't believe that anyone would start a band just to make the scene and be cool and have chicks. I just can't believe it." -Kurt Cobain

5. Johnny Rotten

John Joseph Lydon aka Johnny Rotten adalah seorang vokalis dari sebuah grup band punk asal Inggris, Sex Pistols.

Untuk yang satu ini akan lebih singkat dari yang diatas. Gua cuma bisa bilang pria ini fenomenal dan gua menyukainya.

















**Tulisan diatas dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar